Header Ads

ads header

Breaking News

SOAL LATIHAN BAHASA INDONESIA GENAP

 



SOAL LATIHAN

 

MATA PELAJARAN     : BAHASA INDONESIA

KELAS / SEMESTER     : X / GENAP

 

1.   Perhatikan penggalan teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 1-5!

(1)Irwan : “Selamat siang, pak!”

(2)Kepsek : “Siang, masuk Wan! Ada apa Wan?”

(3)Irwan : “Ini Pak, ada proposal acara LDK untuk bulan depan”.

(4)Kepsek : “Coba bapak lihat! Ini acara puncaknya di luar sekolah, Wan?”

(5)Irwan : “Iya, Pak. Rencana mau Kami adakan di Kandang Badak, Gunung Pangrango, Cibodas”.

(6)Kepsek : “Kalau untuk ini mohon maaf, Bapak tidak bisa ijinkan. Resikonya terlalu besar untuk dilaksanakan di luar sekolah, apalagi di gunung. Bagaimana kalau acaranya di sekolah saja. Biaya sedikit dan tanggung jawabnya tidak terlalu berat”.

(7)Irwan : “Kami sudah memikirkan soal resiko itu, Pak. Pak Rian sebagai pembina sudah sepakat. Kandang Badak tidak terlalu tinggi. Kami pun akan mengikutsertakan para alumni. Soal biaya 50% ditanggung alumni, tetapi dengan syarat acara outbond diadakan di luar”.

(8)Kepsek : “Begitu ya? Baiklah, nanti akan Bapak pertimbangkan”.

(9)Irwan : “Terima kasih, Pak!”

 

Berdasarkan penggalan teks negosiasi tersebut maka yang bukan termasuk ciri teks negosiasi adalah...

a.       Menghasilkan kesepakatan yang saling menguntungkan

b.      Mengarah pada tujuan praktis

c.       Memprioritaskan kepentingan salah satu pihak

d.      Merupakan sarana untuk mencari penyelesaian

e.       Memprioritaskan kepentingan bersama

 

2.      Berdasarkan teks diatas maka dapat disimpulkan bahwa  teks negosiasi adalah...

a.       Interaksi sosial yang berfungsi untuk mencapai kesepakatan bersama

b.      Interaksi sosial yang menimbulkan kekacauan

c.       Interaksi soaial yang berfungsi untuk menanyakan alamat

d.      Teks yang berisi lelucon

e.       Interaksi soaial yang bertujuan untuk penelitian

 

3.      Proses tawar menawar antara Irwan dan kepala sekolah terjadi pada nomor...

a.       1, 2, 3, 4                                                          d. 3, 4, 5, 6

b.      5, 6, 7, 8                                                          e. 1, 5, 7, 9

c.       7, 8, 9, 10

 

4.      Berdasarkan teks di atas maka yang bukan termasuk syarat tercapainya persetujuan  dalam negosiasi adalah...

a.       Kesepakatan harus saling menguntungkan

b.      Perlu adanya sebuah kesepakatan

c.       Bersifat praktis dan dapat diterapkan dalam melakukan perjanjian

d.      Tidak dibutuhkan kesepakatan dalam negosiasi

e.       Kesepakatan harus didasari dengan tidak adanya tekanan atau paksaan

 

5.   Pronomina/kata ganti orang pertama jamak yang digunakan dalam teks negosiasi di atas adalah…

a.       Saya                                                                  d. Mereka

b.      Pak                                                                    e. Kalian

c.       Kami

 

 

6.   Perhatikan teks berikut!

“60 ribu kemahalan, Bang. 45 ribu saja ya? Saya beli dua baju, Bang”.

Dalam jual beli, kalimat tersebut termasuk ke dalam struktur...

a.       Permintaan                                                       d. Pembelian

b.      Penawaran                                                       e. Kesepakatan

c.       Pemenuhan

 

7.      Mengucapkan salam – membalas salam merupakan... dalam teks negosiasi

a.       bahasa persuasive                                            d. pasangan tuturan

b.      bahasa deskriptif                                             e. pronomina

c.       konjungsi

 

8.      Cermatilah kalimat berikut !

Sebenarnya saya cocok dengan barang ini,… harganya terlalu mahal… saya keberatan.

Konjungsi yang paling sesuai untuk melengkapi bagian rumpang pada kalimat tersebut adalah…

a.       Dan; maka                                                       d. sehingga; namun

b.      Tetapi; sehingga                                               e. sedangkan, demikian

c.       Karena; dan

 

9.      “Ini sudah murah, Bu. Coba di tempat lain, pasti lebih mahal”. Kalimat tersebut merupakan kalimat...

a.       Interogatif                                                        d. Imperatif

b.      Deklaratif                                                        e. Persuasif

c.       Naratif

 

Cermatilah teks negosiasi berikut, kemudian kerjakan soal nomor 10 dan 11 !

(1)Pembeli: “Selamat siang Pak.”

(2)Penjual: “Selamat siang kembali. Maaf ada yang bisa saya bantu?”

(3)Pembeli: “Saya ingin beli tas. Ada nggak tas warna netral yang muat banyak?”

(4)Penjual: “Ada dong kak, bisa dilihat-lihat dulu ya ada berbagai macam jenis tas.”

(5)Pembeli: “Kalau yang ini harganya boleh ditawar tidak Pak?”

(6)Penjual: “Boleh kak. Mau ditawar berapa?”

(7)Pembeli: “Rp150 ribu boleh Pak?”

(8)Penjual: “Wah kalau segitu masih kemurahan kak. Ini produknya sudah sisa sedikit kak, susah dicari lagi. Harga pasarannya masih 400-an kak, di sini sudah paling murah.”

(9)Pembeli: “Ya sudah 250 ribu ya?”

(10)Penjual: “Maaf, masih belum boleh. Ya sudah ini penawaran terakhir, Rp350 ribu.”

(11)Pembeli: “Ya sudah, saya sepakat.”

(12)Penjual: “Baik kak untuk pembayarannya di kasir ya kak.”

(13)Pembeli: “Oke, terima kasih”

(14)Penjual: “Terima kasih kembali kak”

10.  Berdasarkan teks negosiasi tersebut maka yang termasuk bagian pengajuan atau permintaan terdapat pada kalimat nomor...

a.       1 dan 2                                                            d. 11 dan 12

b.      3 dan 4                                                            e. 13 dan 14

c.       5 dan 6

11.  Struktur teks bagian kesepakatan terdapat pada kalimat nomor…

a.       1 dan 2                                                            d. 11 dan 12

b.      3 dan 4                                                            e. 13 dan 14

c.       5 dan 6

12.  Berikut ini yang bukan termasuk unsur-unsur debat adalah...

a.       Tim afirmasi                                                    d. Tim netral

b.      Tim eksekusi                                                   e. Moderator

c.       Tim oposisi

 

13.  Dalam kegiatan debat, kita diberi kesepakatan untuk menyampaikan pendapat atau sanggahan yang ditujukan pada...

a.       Moderator                                                        d. Dewan juri

b.      Wawancara                                                      e. Lawan debat

c.       Pembicara

 

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 14, 15, 16, dan 17 !

Tim Pro

Internet memberikan dampak positif bagi kehidupan remaja. Internet memberikan banyak manfaat. Misalnya, dengan internet para remaja dapat memperoleh informasi dengan cepat tentang apa yang diperlukan.

Tim Kontra

Internet berdampak negative bagi kehidupan para remaja. Banyak situs yang dapat merusak mental para remaja ditayangkan. Misalnya, situs-situs yang bernuansa pornografi, provokasi, radikalisasi, dan sebagainya yang mempengaruhi prilaku negative para remaja.

 

14.  Permasalahan/isu dalam penggalan teks debat tersebut adalah…

a.       Kehidupan remaja dan kemajuan teknologi informasi

b.      Dampak internet terhadap kehidupan para remaja

c.       Pemanfaatan internet dalam kehidupan umat manusia

d.      Manfaat internet dalam memudahkan kehidupan remaja

e.       Dampak positif kemajuan teknoligi informasi

 

15.  Berikut ini yang merupakan sudut pandang kelompok pro internet adalah…

a.       Mudah mengakses situs bernuansa pornografi

b.      Mudah mengakses situs bernuansa radikalisme

c.       Mudah mengakses situs bernuansa provokasi

d.      Mudah mengakses situs bernuansa persuasif

e.       Mudah mengakses situs bernuansa edukasi

 

16.  Argumentasi yang paling relevan untuk mendukung pengaruh positif internet adalah…

a.       Internet memberikan kemudahan dalam mengakses berbagai informasi penting

b.      Internet memberikan banyak pilihan hiburan yang dapat diakses dengan mudah

c.       Internet menjadi kebutuhan yang diperlukan siapamsaja dalam berinteraksi soaial

d.      Internet menjadikan jarak tempat-tempat di seluruh dunia terasa sangat dekat

e.       Internet memberikan banyak pelajaran tentang berbagai modus tindakan kajahatan

 

17.  Simpulan yang paling tepat terhadap debat pengaruh internet adalah…

a.       Dalam mengakses internet para remaja perlu didampingi para orang tua.

b.      Orang tua harus terus mementau kegiatan anaknya yang sedang berinternet

c.       Internet dapat berdampak positif maupun negative bagi kehidupan remaja

d.      Internet lebih banyak berdampak positif daripada dampak negatifnya

e.       Internet lebih banyak berdampak negative daripada dampak positifnya.

 

18.  Peran tim pro terhadap mosi debat adalah...

a.       Netral                                                               d. Mengikuti

b.      Menolak                                                          e. Semua benar

c.       Mendukung

19.  Perhatikan tata cara debat berikut!

1.      Menyatakan argumen-argumen yang logis

2.      Menyatakan argumen dengan bahasa yang santun

3.      Mengumpulkan informasi berupa fakta yang mendukung argumen

4.      Menyatakan sanggahan dengan bahasa yang sopan

5.      Tidak menggunakan pernyataan negatif mengenai pribadi pihak lain

Urutan tata cara debat yang baik yaitu...

a.       1-2-3-4-5                                                         d. 4-2-1-3-5

b.      3-2-4-1-5                                                         e. 3-1-4-2-5

c.       3-2-1-4-5

 

20.  Dalam suatu debat, moderator berperan sebagai...

a.       Orang yang memberi penilaian dan mengikuti jalannya debat

b.      Orang yang bertugas memandu jalannya debat

c.       Orang yang mendukung mosi

d.      Orang yang mengetahui jalannya debate

e.       Orang yang menolak mosi

 

21.  Salah satu contoh mosi debat yang berkaitan dengan lingkungan hidup adalah...

a.       Ketergantungan negara terhadap impor

b.      Kekurangan sarana dan prasarana olahraga menyebabkan rendahnya prestasi siswa di bidang olahraga

c.       Pentingnya mengikuti ekstrakulikuler bagi siswa

d.      Fenomena kehadiran ojek online di lingkungan masyarakat

e.       Penambangan ilegal dapat mempengaruhi ekosistem kehidupan laut

 

Cermatilah kalimat berikut kemudian kerjakan soal nomor 22-23!

Saya tidak setuju bahwa penggunaan ponsel sangat berbahaya. Sebaliknya ponsel sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Penggunaan ponsel yang tidak bertanggung jawablah yang menyebabkan ponsel dapat membahayakan kehidupan mereka sendiri dan orang lain.

22.  Isu yang ditampilkan pada pernyataan tersebut adalah...

a.       Pembuatan ponsel

b.      Membeli ponsel

c.       Pemanfaatan ponsel

d.      Larangan menggunakan ponsel

e.       Ponsel tidak memiliki manfaat

23.  Dalam struktur debat, pernyataan tersebut tergolong dalam bagian...

a.       Pengenalan                                                      d. Argumen

b.      Saran                                                               e. Penutup

c.       Simpulan

24.  Berikut ini yang bukan termasuk cara untuk menangkap dan menafsirkan topik/mosi dalam debat adalah...

a.       Kuasailah topik yang akan diperdebatkan

b.      Carilah sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran

c.       Carilah narasumber yang tepat dan dapat dipercaya

d.      Kupaslah topik itu secara mendalam

e.       Tanggaplah penafsiran topik pembicaraan

25.  Bacalah dengan saksama!

Menurut saya tawuran antar pelajar tidak saja terjadi karena karakter anak-anak yang cenderung brutal. Lebih dari itu, tawuran terjadi karena anak-anak mendapat teladan yang kurang baik dari para pemimpin bangsa yang sibuk saling berebut kekuasaan dan saling menghujat. Televisi dan internet pun dengan bebas menyajikan berbagai aksi brutal yang membuat anak-anak tergoda untuk meniru.

Mosi debat tersebut adalah…

a.       Tawuran antar pelajar terjadi karena karakter anak-anak yang cenderung brutal.

b.      Tawuran antar pelajar terjadi karena anak-anak mendapat teladan yang kurang baik.

c.       Tawuran antar pelajar terjadi semata-mata karena karakter anak-anak yang cenderung brutal.

d.      Tawuran antar pelajar terjadi karena karakter anak yang cenderung brutal dan mendapat teladan yang kurang baik.

e.       Tawuran antar pelajar terjadi semata-mata karena anak-anak mendapat teladan yang kurang baik.

 

26.  Bacalah teks berikut dengan saksama!

Menurut saya, ponsel sangat berguna jika dipergunakan secara benar. Namun, di sisi lain ponsel juga sangat berbahaya, misalnya jika dipergunakan secara terus-menerus atau dipergunakan untuk hal-hal yang negative.

Dalam pelaksanaan debat, pernyataan di atas diungkapkan oleh…

a.       Tim pro                                                                        d. Moderator

b.      Tim penyanggah                                              e. Notulis

c.       Tim Netral

27.  Bacalah dengan seksama teks berikut !

Banjir bandang adalah banjir yang terjadi secara tiba-tiba di permukaan rendah yang disebabkan hujan yang turun terus-menerus. Banjir bandang terjadi saat penjenuhan air terhadap tanah di wilayah tersebut berlangsung dengan sangat cepat hingga tidak dapat diserat lagi. Air yang menggenang lalu berkumpul di daerah-daerah dengan permukaan rendah dan dengan cepat ke daerah yang lebih rendah…

Kalimat berupa akibat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

a.    Maka, banjir dapat terjadi karena peluapan air yang berlebihan di suatu tempat.

b.    Dengan demikian, jumlah curah hujan melebihi kemampuan serapan.

c.    Akhirnya, banjir secara tiba-tiba yang diakibatkan terisinya saluran air.

d.     Jadi, hujan besar dan peluapan air sungai  perlu kita waspadai setiap saat.

e.    Akhirnya, terjadilah bajir yang tidak dapat diatasi dan dihindari di wilayah tersebut.

 

28.  Bacalah kalimat debat di bawah ini dengan saksama!

ü  Pemerintah seharusnya tidak menutup mata pada fakta bahwa UN telah memakan banyak korban.

ü  Banyak sekali siswa jatuh bergelimpangan karena takut gagal dalam Ujian Nasional

 

Kalimat di atas menyalahi ketentuan ciri ragam bahasa debat, yaitu…

a.       Kaidah bahasa yang digunakan dalam paragraf tersebut tidak sesuai dengan kaidah bahasa baku, baik tata ejaan maupun tata bahasa.

b.      Ide yang diungkapkan tidak sesuai dengan fakta dan tidak dapat diterima akal sehat.

c.       Penggunaan kata daerah dan kata yang memiliki makna yang tidak sebenarnya (denotatif).

d.      Digunakannya kata-kata daerah dan asing

e.       Penggunaan kalimat-kalimat yang Panjang.

 

Bacalah dan cermatilah teks debat berikut !

Mosi

Dibukanya sekolah tatap muka pada semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021 di masa pandemi COVID-19.

Moderator

Pada tanggal 20 November 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengumumkan bahwa pemerintah sudah mencabut aturan larangan sekolah tatap muka di masa pandemi COVID-19.

Berdasarkan SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021, Mendikbud menjelaskan bahwa pemerintah akan mengizinkan sekolah tatap muka dan memberikan kewenangan sepenuhnya kepada pemerintah daerah. Bagaimana menurut kalian? Apakah Indonesia sudah siap membuka sekolah-sekolahnya dan menyelenggarakan sekolah tatap muka lagi?

Tim Pro

Kami sangat setuju pemerintah membuka kembali sekolah-sekolah dan menyelenggarakan sekolah tatap muka lagi karena Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kami nilai kurang efisien dalam proses belajar mengajar.

Apalagi, selama ini PJJ terbukti tidak dapat dilakukan di seluruh Indonesia. Masih banyak guru dan pelajar di desa yang tidak dapat menyelenggarakan PJJ karena kendala tidak memiliki peralatan yang memadai, seperti laptop atau smartphone.

Selain itu, internet di daerah-daerah masih belum stabil sehingga membuat para siswa di daerah semakin berpotensi mengalami ketertinggalan pendidikan.

Dampak-dampak negatif yang dikemukakan oleh Kemendikbud juga sangat beralasan. Oleh karena itu, kami mendukung dibukanya kembali sekolah-sekolah dan diadakannya kembali pembelajaran tatap muka.

Tim Kontra

Kami menolak dibukanya kembali sekolah-sekolah dan diadakannya kembali pembelajaran tatap muka. Dalam kondisi pandemi yang semakin memprihatinkan saat ini di Indonesia, lebih baik rencana pemerintah ini ditunda dulu.

Kami khawatir bila pemerintah masih bersikeras membuka sekolah dan mengadakan pembelajaran tatap muka, akan ada banyak klaster baru COVID-19.

Memang PJJ tidak dapat sepenuhnya dilaksanakan di seluruh Indonesia, tapi kami pikir, kesehatan dan keselamatan masyarakat Indonesia jauh lebih penting dibandingkan memaksakan diri untuk membuka kembali sekolah-sekolah. Apalagi, data menunjukkan pada tanggal 8 Januari 2021, ada lonjakan kasus baru positif COVID-19 sampai 10.617 kasus. 

Tim Netral

Sebagai tim netral, kami bisa memahami masing-masing argumen dari tim pro dan tim kontra. Kami setuju PJJ yang tidak dapat dilaksanakan di seluruh Indonesia membuat banyak siswa di daerah yang mengalami ketertinggalan, tapi kami juga setuju kalau dengan memaksakan dibukanya sekolah-sekolah pada masa pandemi yang semakin mengkhawatirkan ini dapat menimbulkan banyaknya klaster baru di sekolah-sekolah yang dipaksakan dibuka.

Sekalipun demikian, mungkin kita dapat menekan penyebaran dan penambahan kasus baru COVID-19 dengan mengetatkan protokol kesehatan di sekolah-sekolah yang akan dibuka kembali, serta mengikuti peraturan pemerintah mengenai penyelenggaraan pembelajaran tatap muka.

Adanya kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak sekolah, pihak rumah sakit, orang tua, dan masyarakat, tentu bisa membuat pelaksanaan pembelajaran tatap muka ini berjalan optimal.

29.  Berdasarkan teks debat di atas  maka yang termasuk kalimat komplek adalah…

a.       Pada tanggal 20 November 2020 Menteri Pendidikan mengumumkan bahwa pemerintah sudah mencabut aturan larangan sekolah tatap muka di masa pendemi Covid 19.

b.      Kami sangat setuju pemerintah membuka kembali sekolah-sekolah dan menyelenggarakan sekolah tatap muka lagi karena Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kami nilai kurang efisien dalam proses belajar mengajar.

c.       Berdasarkan SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021, Mendikbud menjelaskan bahwa pemerintah akan mengizinkan sekolah tatap muka

d.      Dampak-dampak negative yang dikemukakan oleh Kemendikbud juga sangat beralasan

e.       Adanya kerjasama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak sekolah, pihak rumah sakit, orang tua, dan masyarakat.

 

30.  Bacalah teks berikut dengan saksama!

Saya tidak setuju jika kosa kata bahasa asing yang masuk ke dalam penggunaan bahasa Indonesia disebabkan karena ketidak berdayaan bahasa Indonesia dalam interaksi antar bahasa. Kosa kata bahasa asing masuk ke dalam bahasa Indonesia hanya digunakan sebagai persamaan kata yang bagi sebagian orang lebih mudah difahami. Namun, pada intinya dalam bahasa Indonesia itu sendiri, telah ada kosa kata yang berkaitan dengan kosa kata asing tersebut.

Kalimat evaluasi yang tepat sesuai isi teks tersebut adalah…

a.       Dalam penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: bahasa Indonesia seharusnya Bahasa Indonesia; ketidak berdayaan seharusnya ketidakberdayaan; antar bahasa seharusnya antarbahasa; difahami seharusnya dipahami.

b.      Dalam penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: kosa kata seharusnya kosakata; ketidak berdayaan seharusnya ketidakberdayaan; bahasa asing seharusnya bahasa Asing; difahami seharusnya dipahami.

c.       Dalam penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: kosa kata seharusnya kosakata; ketidak berdayaan seharusnya ke tidakberdayaan; antar bahasa seharusnya antarbahasa; difahami seharusnya dipahami.

d.      Dalam penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: kosa kata seharusnya kosakata; ketidak berdayaan seharusnya ketidakberdayaan; antar bahasa seharusnya antarbahasa; difahami seharusnya dipahami.

e.       Dalam penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: kosa kata seharusnya kosakata; ketidak berdayaan seharusnya tidak berdaya; antar bahasa seharusnya antarbahasa; difahami seharusnya dipahami.

 

31.  Salah satu ciri teks biografi adalah...

a.       Memiliki makna kata

b.      Berdasarkan khayalan

c.       Memiliki struktur yang terdiri atas orientasi,peristiwa atau masalah, serta reorientasi

d.      Berkaitan antara satu dengan lainnya

e.       Menggunakan bahasa tidak baku

32.     Bacalah kutipan teks biografi berikut!

B. J. Habibie adalah salah satu tokoh penutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia. Beliau adalah presiden ketiga Republik Indonesia. Nama dan gelar lengkapnya Prof. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jussuf Habibie. Beliau dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbardan Thareq Kemal.

Kutipan di atas termasuk struktur teks biografi bagian...

a.    Reorientasi                                                        d. Koda

b.   Peristiwa dan masalah                                       e. Reaksi

c.    Orientasi

33.  Bacalah kutipan teks biografi berikut!

Masa kecil Habibie dilalui bersama saudari-saudarinya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas dan selalu memegang prinsip yang diyakini telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie punya kegemaran menunggang kuda dan membaca, Ia dikenal sangat cerdas sejak masih duduk di Sekolah Dasar.

Hal yang dapat diteladani dari tokoh pada teks biografi tersebut adalah...

a. Masa kecil yang dilalui bersama saudara-saudaranya

b.Sifat tegas dan selalu memegang prinsip

c. Punya kegemaran menunggang kuda

d.Cerdas sejak duduk di Sekolah Dasar

e. Sifat suka berhemat

 

Bacalah teks biografi berikut untuk menjawab soal nomor 34, 35, dan 36 !

Di Indonesia, Habibie menjadi Menteri Negara Ristek/ Kepala BPPT selama 20 tahun, Ketua Ikatann Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), memimpin perusahaan BUMN strategis, dipilih menjadi wakil Presiden RI dan menjadi Presiden ke-3 setelah Soeharto dan mundur pada tahun 1998. Pada masa jabatan Habibie, terjadi referendum di Timor-Timur, sampai akhirnya Timor Timur memisahkan diri dari Indonesia. Dalam masa jabatannya yang singkat, BJ Habibie telah meletakkan dasar bagi kehidupan demokrasi dan persatuan wilayah di Indonesia dengan disahkannya undang-undang tentang Otonomi Daerah dan undang-undang tentang Partai Politik, UU tentang Pemilu dan UU tentang Susunan Kedudukan DPR/MPR.

34.  Permasalahan yang dialami oleh tokoh dalam teks biografi tersebut adalah...

a.       Menjadi Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT

b.      Memimpin perusahaan BUMN strategis

c.       Dipilih menjadi Wakil Presiden RI

d.      Pada masa jabatan Habibie, terjadi referendum di Timor Timur

e.       Meletakkan dasar bagi kehidupan demokrasi dan persatuan wilayah di Indonesia

 

35.  Kata kerja pasif yang terdapat pada teks tersebut adalah…

a.       Menjadi                                                           d. memisahkan

b.      Memimpin                                                       e. meletakkan

c.       dipilih

 

36.  Kutipan di atas termasuk struktur teks biografi bagian...

a.       Reorientasi                                                       d. reaksi

b.      Kejadian penting                                              e. koda

c.       Orientasi

 

37.  “Selain itu, Chairil Anwar juga menerjemahkan karya satra asing ke dalam Bahasa Indonesia”. Unsur kebahasaan yang terkandung dari kata yang tercetak miring pada kutipan teks biografi tersebut adalah...

a.       Kata kerja                                                        d. Kata kerja tindakan

b.      Kata sifat                                                         e. Kata keterangan

c.       Kata benda

 

38.  Cermatilah teks biografi berikut untuk menjawab soal nomor 38 dan 39 !

(1)N. H. Dini lahir 29 februari 1936 di Semarang. (2)Berpendidikan SMA bagian sastra (1956), Kursus Pramugari Darat GIA Jakarta (1956), dan kursus B-I Jurusan Sejarah (1957). (3)Tahun 1957-1960 bekerja di GIA Kemayoran Jakarta. (4)Setelah menikah,berturut-turut bermukim di Jepang, Kemboja, Filipina, Prancis, Amerika, dan sejak 1980 menetap kembali di Indonesia (Jakarta-Semarang).

(5)N. H. Dini mulai menulis tahun 1951, kemudian sajaknya dibacakan RRI dan dimuat di Majalah Budaya dan Gadjah Mada, keduanya di Yogyakarta. (6)Tahun 1953, cerpennya dimuat di Majalah Kisah, Mimbar Indonesia, dan Siasat. (7)Tahun-tahun selanjutnya, cerpennya pun dimuat dalam berbagai media. (8)Tahun 1955, N. H. Dini memenangkan hadiah pertama penulisan scenario sandiawara radio se-Jawa Tengah. (9)Tahun 1987 Dini memenangkan hadiah pertama (untuk peserta Indonesia) lomba mengarang cerita dalam bahasa Perancis yang diselenggarakan Le Monde dan Radio Franve Internasionale.

Unsur kebahasaan yang terdapat pada teks biografi tersebut adalah...

a. Modalitas                                                                        d. Kata bilangan

b.Keterangan tempat dan waktu                             e. Kata perintah

c. Kata serapan

39.  Konjungsi temporal yang terdapat dalam penggalan biografi tersebut terdapat pada kalimat nomor…

a.       (1)                                                                    d. (7)

b.      (2)                                                                    e. (8)

c.       (5)

 

Cermatilah teks biografi berikut untuk menjawab soal nomor 40,dan 41 !

Awalnya keluarga Chairul Tanjung adalah keluarga yang berlebihan, ayahnya adalah seorang wartawan di zaman Presiden Soekarno dan juga menerbitkan majalah lokal yang upahnya lumayan. Namun, saat era Soeharto, surat kabar dari Ayah Chairul Tanjung dicurigai sebagai antek orde lama dan akhirnya dipaksa untuk ditutup.

40.  Pada penggalan teks di atas, yang menjadi objeknya adalah…

a.       Presiden Soekarno                                           d. Soeharto

b.      Chairul Tanjung                                               e. Ayah

c.       Wartawan

 

41.  Konjungsi yang tercetak miring pada penggalan teks di atas menyatakan…

a.       Waktu                                                              d. pengandaian

b.      Perumpamaan                                                  e. pertentangan

c.       Sebab-akibat

 

42.  Bacalah penggalan puisi berikut!

....

Besi putih berjejer rapat di depanku

Bata merah tersusun rapi mengangkasa

Menutup indahnya kebebasan,

Indahnya cinta,

Kini tak lagi kurasakan

Hanya kerinduan yang dapat kupendam

Cintaku kini sudah lenyap

Bersama para pendosa.

Suasana yang terdapat dalam puisi tersebut adalah...

a.       Gembira                                                           d. Tegang

b.      Duka                                                                e. Sedih

c.       Senang

43.  Bacalah puisi berikut!

....

Aku lalai dipagi hari

Beta lengah di masa muda

Kini hidup meracun hati

Miskin ilmu miskin harta

Tema pada puisi di atas adalah...

a. Kekesalan                                                           d. penyesalan

b.Kekhawatiran                                                     e. kesusahan

c. kelalaian

 

44.  Perhatikan kutipan puisi berikut!

...

Dari selubung biru kita beranjak

Pisah

Ketetapan hari tua rendah terpasar

Duka

Bergelinding alir puisi dan tanah air

Puisi kaca ini meletakkan tapal setia

Akhir …

Kutipan puisi tersebut bermakna...

a.    Kerinduan terhadap tanah air

b.   Masa lalu penulis yang suram

c.    Keinginan untuk kembali ke rumah

d.   Perjalanan menuju rumah

e.    Kemajuan peradaban manusia

 

45.  Bacalah puisi berikut!

Bersandar pada tari warna pelangi

Kau depanku bertudung sutra senja

Di hitam matamu kembang mawar dan melati

Harum rambutmu mengalun bergelut sendu

....

Diksi yang ditimbulkan dari kata “warna pelangi” dalam puisi tersebut adalah...

a. Gambaran hati seorang pemuda yang sedang senang

b.Pada sore hari

c. Bola matanya yang indah

d.Indahnya menjalani kehidupan

e. Suasana setelah hujan

 

46.  Bacalah puisi berikut!

Malam pekat

Bersembunyi di balik mimpi, raga

Pulas menanggung lelah

....

Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah...

a.    Kami datang tiba-tiba orang masih tertidur

b.   Gempa menggeliat, meliuk, robohkan setiap yang tegak

c.    Mereka tertidur dengan nyenyak sekali

d.   Musibah disinyalir bersumber dari gunung berapi

e.    Malapetaka menimpa desa terpencil

 

 

 

 

 

 

 

47.  Bacalah puisi berikut!

Betapa dinginnya air sungai

Dinginnya! Dinginnya!

Betapa dinginnya daging duka

Yang membaluti tulang-tulangku

....

Puisi tersebut mengandung citraan...

a.       Penglihatan                                          d. pendengaran

b.      Penciuman                                           e. pencecapan

c.       Perabaan

 

48.  Bacalah puisi berikut!

Betapa dinginnya air sungai

Dinginnya! Dinginnya!

Betapa dinginnya daging duka

Yang membaluti tulang-tulangku

....

Kata konkret yang terdapat dalam puisi tersebut adalah...

a.       Air sungai                                            d. Membaluti

b.      Dinginnya                                            e. Betapa

c.       Duka

 

49.  Bacalah puisis berikut!

....

Ketika hati dilanda kalut

Engkau datang mengisi jiwa

Kau hadir disaat duka

Menghibur hati yang berliput kabut

....

Rima yang terdapat dalam penggalan puisi tersebut bersajak...

a.       ABAB                                                  d. AABB

b.      ABCD                                                  e. AAAA

c.       ABBA

 

50.  Bacalah kutipan puisi berikut !

Habis kikis

Segala cintaku hilang terbang

Pulang kembali aku padaMU

...

Maksud baris puisi yang tercetak miring tersebut adalah...

a.    Pulang ke rumah orang tua

b.   Setiap manusia kembali kepada penciptanya

c.    Kembali kepada kekasihnya yang dahulu

d.   Pulang dan akan kembali

e.    Pergi selama-lamanya

 

51.  Cermatilah puisi berikut !

           Anganku

Di kala perjalanan jauh

Sejenak aku terhenti

Banyak persimpangan di hadapanku

Entah arah mana yang harus kutempuh

     Kutengok sekelilinhku

     Sepi

     Hanya bulan yang syahdu merayu

     Kutertunduk malu

     Tak mampu menatap waktu

 

Makna lambang waktu dalam puisi tersebut adalah…

a.    Masa depan                                           d. Pengalaman hidup

b.   Harapan yang baik                                e. Tujuan hidup

c.    Cita-cita

 

52.  “Saya akan bicara dengan manajer Anda”

Kalimat tersebut merupakan.....dalam negosiasi

a. Permintaan                                            d. Pemenuhan

b.Orientasi                                                e. Pembelian

c. Persetujuan

 

53.  Mungkin sebagian orang berfikir bahwa debat merupakan kegiatan mematahkan pendapat lawan. Sebenarnya debat adalah bagaimana cara kita membuat orang lain...

a.    Membela kita

b.   Memberikan yang terbaik

c.    Terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan

d.   Membuat audiens terpukau karena kita mampu menjatuhkan lawan debat

e.    Membuat lawan debat mengamuk

 

54.  Urutan struktur teks biografi yang benar adalah...

a.    Abstreksi, orientasi, krisis, reaksi, koda

b.   Abstraksi, pembuka, isi, penutup

c.    Orientasi, krisis, reaksi, koda

d.   Pembuka, isi, penutup, koda

e.    Orientasi, peristiwa penting, reorientasi

 

Bacalah puisi berikut!

Hari masih pagi

Semangat kita terlalu dini untuk mati

 

55.  Amanat yang tersirat dalam puisi tersebut adalah...

a.       Jangan mau meracun hati

b.      Jadilah orang lalai di saat pagi hari

c.       Janganlah lalai disaat pagi hari

d.      Giat dan berprestasilah selagi mudah

e.       Menyaksikan orang lain giat bekerja

 

 

 

Tidak ada komentar