SOAL LATIHAN BAHASA INDONESIA GENAP
SOAL
LATIHAN
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS / SEMESTER : X / GENAP
1.
Perhatikan penggalan teks berikut kemudian
kerjakan soal nomor 1-5!
(1)Irwan : “Selamat siang, pak!”
(2)Kepsek : “Siang, masuk Wan! Ada apa
Wan?”
(3)Irwan : “Ini Pak, ada proposal
acara LDK untuk bulan depan”.
(4)Kepsek : “Coba bapak lihat! Ini
acara puncaknya di luar sekolah, Wan?”
(5)Irwan : “Iya, Pak. Rencana mau Kami
adakan di Kandang Badak, Gunung Pangrango, Cibodas”.
(6)Kepsek : “Kalau untuk ini mohon
maaf, Bapak tidak bisa ijinkan. Resikonya terlalu besar untuk dilaksanakan di
luar sekolah, apalagi di gunung. Bagaimana kalau acaranya di sekolah saja.
Biaya sedikit dan tanggung jawabnya tidak terlalu berat”.
(7)Irwan : “Kami sudah memikirkan soal
resiko itu, Pak. Pak Rian sebagai pembina sudah sepakat. Kandang Badak tidak
terlalu tinggi. Kami pun akan mengikutsertakan para alumni. Soal biaya 50%
ditanggung alumni, tetapi dengan syarat acara outbond diadakan di luar”.
(8)Kepsek : “Begitu ya? Baiklah, nanti
akan Bapak pertimbangkan”.
(9)Irwan : “Terima kasih, Pak!”
Berdasarkan penggalan teks
negosiasi tersebut maka yang bukan termasuk ciri teks negosiasi adalah...
a. Menghasilkan kesepakatan yang
saling menguntungkan
b.
Mengarah
pada tujuan praktis
c.
Memprioritaskan
kepentingan salah satu pihak
d.
Merupakan
sarana untuk mencari penyelesaian
e.
Memprioritaskan
kepentingan bersama
2. Berdasarkan teks diatas maka dapat
disimpulkan bahwa teks negosiasi
adalah...
a. Interaksi sosial yang berfungsi
untuk mencapai kesepakatan bersama
b. Interaksi sosial yang menimbulkan
kekacauan
c. Interaksi soaial yang berfungsi
untuk menanyakan alamat
d. Teks yang berisi lelucon
e. Interaksi soaial yang bertujuan
untuk penelitian
3. Proses tawar menawar antara Irwan
dan kepala sekolah terjadi pada nomor...
a. 1,
2, 3, 4 d.
3, 4, 5, 6
b.
5,
6, 7, 8 e.
1, 5, 7, 9
c.
7,
8, 9, 10
4. Berdasarkan teks di atas maka yang
bukan termasuk syarat tercapainya persetujuan
dalam negosiasi adalah...
a.
Kesepakatan
harus saling menguntungkan
b.
Perlu
adanya sebuah kesepakatan
c.
Bersifat
praktis dan dapat diterapkan dalam melakukan perjanjian
d.
Tidak
dibutuhkan kesepakatan dalam negosiasi
e.
Kesepakatan
harus didasari dengan tidak adanya tekanan atau paksaan
5. Pronomina/kata ganti orang pertama
jamak yang digunakan dalam teks negosiasi di atas adalah…
a.
Saya d.
Mereka
b.
Pak e. Kalian
c.
Kami
6. Perhatikan teks berikut!
“60 ribu
kemahalan, Bang. 45 ribu saja ya? Saya beli dua baju, Bang”.
Dalam jual
beli, kalimat tersebut termasuk ke dalam struktur...
a. Permintaan d. Pembelian
b.
Penawaran
e.
Kesepakatan
c.
Pemenuhan
7. Mengucapkan salam – membalas salam
merupakan... dalam teks negosiasi
a.
bahasa
persuasive d.
pasangan tuturan
b.
bahasa
deskriptif e.
pronomina
c.
konjungsi
8.
Cermatilah kalimat berikut !
Sebenarnya
saya cocok dengan barang ini,… harganya terlalu mahal… saya keberatan.
Konjungsi
yang paling sesuai untuk melengkapi bagian rumpang pada kalimat tersebut
adalah…
a.
Dan;
maka d.
sehingga; namun
b.
Tetapi;
sehingga e.
sedangkan, demikian
c. Karena; dan
9. “Ini sudah murah, Bu. Coba di tempat
lain, pasti lebih mahal”. Kalimat tersebut merupakan kalimat...
a.
Interogatif d.
Imperatif
b.
Deklaratif e.
Persuasif
c.
Naratif
Cermatilah teks
negosiasi berikut, kemudian kerjakan soal nomor 10 dan 11 !
(1)Pembeli: “Selamat siang Pak.”
(2)Penjual: “Selamat siang kembali. Maaf ada yang bisa saya
bantu?”
(3)Pembeli: “Saya ingin beli tas. Ada nggak tas warna netral
yang muat banyak?”
(4)Penjual: “Ada dong kak, bisa dilihat-lihat dulu ya ada
berbagai macam jenis tas.”
(5)Pembeli: “Kalau yang ini harganya
boleh ditawar tidak Pak?”
(6)Penjual: “Boleh kak. Mau ditawar
berapa?”
(7)Pembeli: “Rp150 ribu boleh Pak?”
(8)Penjual: “Wah kalau segitu masih
kemurahan kak. Ini produknya sudah sisa sedikit kak, susah dicari lagi. Harga
pasarannya masih 400-an kak, di sini sudah paling murah.”
(9)Pembeli: “Ya sudah 250 ribu ya?”
(10)Penjual: “Maaf, masih belum
boleh. Ya sudah ini penawaran terakhir, Rp350 ribu.”
(11)Pembeli: “Ya sudah, saya sepakat.”
(12)Penjual: “Baik kak untuk pembayarannya di kasir ya kak.”
(13)Pembeli: “Oke, terima kasih”
(14)Penjual: “Terima kasih kembali kak”
10.
Berdasarkan teks negosiasi tersebut
maka yang termasuk bagian pengajuan atau permintaan terdapat pada kalimat
nomor...
a.
1 dan 2 d. 11 dan
12
b.
3 dan 4 e. 13 dan
14
c.
5 dan 6
11. Struktur
teks bagian kesepakatan terdapat pada kalimat nomor…
a.
1 dan 2 d. 11 dan
12
b.
3 dan 4 e. 13 dan
14
c.
5 dan 6
12. Berikut ini yang bukan termasuk
unsur-unsur debat adalah...
a.
Tim
afirmasi d.
Tim netral
b.
Tim
eksekusi e.
Moderator
c.
Tim
oposisi
13. Dalam kegiatan debat, kita diberi
kesepakatan untuk menyampaikan pendapat atau sanggahan yang ditujukan pada...
a.
Moderator d.
Dewan juri
b.
Wawancara e.
Lawan debat
c.
Pembicara
Bacalah teks berikut
untuk menjawab soal nomor 14, 15, 16, dan 17 !
Tim Pro
Internet memberikan dampak positif
bagi kehidupan remaja. Internet memberikan banyak manfaat. Misalnya, dengan
internet para remaja dapat memperoleh informasi dengan cepat tentang apa yang
diperlukan.
Tim Kontra
Internet berdampak negative bagi
kehidupan para remaja. Banyak situs yang dapat merusak mental para remaja
ditayangkan. Misalnya, situs-situs yang bernuansa pornografi, provokasi,
radikalisasi, dan sebagainya yang mempengaruhi prilaku negative para remaja.
14. Permasalahan/isu dalam penggalan
teks debat tersebut adalah…
a.
Kehidupan
remaja dan kemajuan teknologi informasi
b.
Dampak
internet terhadap kehidupan para remaja
c.
Pemanfaatan
internet dalam kehidupan umat manusia
d.
Manfaat
internet dalam memudahkan kehidupan remaja
e. Dampak positif kemajuan teknoligi informasi
15. Berikut ini yang merupakan sudut
pandang kelompok pro internet adalah…
a.
Mudah
mengakses situs bernuansa pornografi
b.
Mudah
mengakses situs bernuansa radikalisme
c.
Mudah
mengakses situs bernuansa provokasi
d.
Mudah
mengakses situs bernuansa persuasif
e.
Mudah
mengakses situs bernuansa edukasi
16. Argumentasi yang paling relevan
untuk mendukung pengaruh positif internet adalah…
a.
Internet
memberikan kemudahan dalam mengakses berbagai informasi penting
b.
Internet
memberikan banyak pilihan hiburan yang dapat diakses dengan mudah
c.
Internet
menjadi kebutuhan yang diperlukan siapamsaja dalam berinteraksi soaial
d.
Internet
menjadikan jarak tempat-tempat di seluruh dunia terasa sangat dekat
e.
Internet
memberikan banyak pelajaran tentang berbagai modus tindakan kajahatan
17. Simpulan yang paling tepat terhadap
debat pengaruh internet adalah…
a.
Dalam
mengakses internet para remaja perlu didampingi para orang tua.
b.
Orang
tua harus terus mementau kegiatan anaknya yang sedang berinternet
c.
Internet
dapat berdampak positif maupun negative bagi kehidupan remaja
d.
Internet
lebih banyak berdampak positif daripada dampak negatifnya
e. Internet lebih banyak berdampak
negative daripada dampak positifnya.
18. Peran tim pro terhadap mosi debat
adalah...
a.
Netral d. Mengikuti
b.
Menolak e.
Semua benar
c.
Mendukung
19. Perhatikan
tata cara debat berikut!
1.
Menyatakan
argumen-argumen yang logis
2.
Menyatakan
argumen dengan bahasa yang santun
3.
Mengumpulkan
informasi berupa fakta yang mendukung argumen
4.
Menyatakan
sanggahan dengan bahasa yang sopan
5. Tidak menggunakan pernyataan
negatif mengenai pribadi pihak lain
Urutan
tata cara debat yang baik yaitu...
a. 1-2-3-4-5 d. 4-2-1-3-5
b.
3-2-4-1-5 e.
3-1-4-2-5
c. 3-2-1-4-5
20. Dalam suatu debat, moderator
berperan sebagai...
a.
Orang
yang memberi penilaian dan mengikuti jalannya debat
b.
Orang
yang bertugas memandu jalannya debat
c.
Orang
yang mendukung mosi
d.
Orang
yang mengetahui jalannya debate
e.
Orang
yang menolak mosi
21. Salah satu contoh mosi debat yang
berkaitan dengan lingkungan hidup adalah...
a.
Ketergantungan
negara terhadap impor
b.
Kekurangan
sarana dan prasarana olahraga menyebabkan rendahnya prestasi siswa di bidang
olahraga
c.
Pentingnya
mengikuti ekstrakulikuler bagi siswa
d.
Fenomena
kehadiran ojek online di lingkungan masyarakat
e.
Penambangan
ilegal dapat mempengaruhi ekosistem kehidupan laut
Cermatilah kalimat
berikut kemudian kerjakan soal nomor 22-23!
Saya tidak setuju bahwa penggunaan
ponsel sangat berbahaya. Sebaliknya ponsel sangat bermanfaat bagi kehidupan
manusia. Penggunaan ponsel yang tidak bertanggung jawablah yang menyebabkan
ponsel dapat membahayakan kehidupan mereka sendiri dan orang lain.
22. Isu yang ditampilkan pada
pernyataan tersebut adalah...
a.
Pembuatan
ponsel
b.
Membeli
ponsel
c.
Pemanfaatan
ponsel
d.
Larangan
menggunakan ponsel
e.
Ponsel
tidak memiliki manfaat
23. Dalam struktur debat, pernyataan
tersebut tergolong dalam bagian...
a.
Pengenalan d.
Argumen
b.
Saran e.
Penutup
c.
Simpulan
24. Berikut ini yang bukan termasuk
cara untuk menangkap dan menafsirkan topik/mosi dalam debat adalah...
a.
Kuasailah
topik yang akan diperdebatkan
b.
Carilah
sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran
c.
Carilah
narasumber yang tepat dan dapat dipercaya
d.
Kupaslah
topik itu secara mendalam
e.
Tanggaplah
penafsiran topik pembicaraan
25.
Bacalah
dengan saksama!
Menurut saya tawuran antar pelajar tidak
saja terjadi karena karakter anak-anak yang cenderung brutal. Lebih dari itu,
tawuran terjadi karena anak-anak mendapat teladan yang kurang baik dari para
pemimpin bangsa yang sibuk saling berebut kekuasaan dan saling menghujat.
Televisi dan internet pun dengan bebas menyajikan berbagai aksi brutal yang
membuat anak-anak tergoda untuk meniru.
Mosi debat tersebut adalah…
a. Tawuran
antar pelajar terjadi karena karakter anak-anak yang cenderung brutal.
b. Tawuran
antar pelajar terjadi karena anak-anak mendapat teladan yang kurang baik.
c. Tawuran
antar pelajar terjadi semata-mata karena karakter anak-anak yang cenderung
brutal.
d. Tawuran
antar pelajar terjadi karena karakter anak yang cenderung brutal dan mendapat
teladan yang kurang baik.
e.
Tawuran antar pelajar terjadi
semata-mata karena anak-anak mendapat teladan yang kurang baik.
26. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Menurut
saya, ponsel sangat berguna jika dipergunakan secara benar. Namun, di sisi lain
ponsel juga sangat berbahaya, misalnya jika dipergunakan secara terus-menerus
atau dipergunakan untuk hal-hal yang negative.
Dalam pelaksanaan debat, pernyataan
di atas diungkapkan oleh…
a.
Tim pro d.
Moderator
b. Tim
penyanggah e.
Notulis
c. Tim
Netral
27. Bacalah
dengan seksama teks berikut !
Banjir
bandang adalah banjir yang terjadi secara tiba-tiba di permukaan rendah yang
disebabkan hujan yang turun terus-menerus. Banjir bandang terjadi saat
penjenuhan air terhadap tanah di wilayah tersebut berlangsung dengan sangat
cepat hingga tidak dapat diserat lagi. Air yang menggenang lalu berkumpul di
daerah-daerah dengan permukaan rendah dan dengan cepat ke daerah yang lebih
rendah…
Kalimat berupa akibat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a. Maka,
banjir dapat terjadi karena peluapan air yang berlebihan di suatu tempat.
b.
Dengan demikian, jumlah curah hujan
melebihi kemampuan serapan.
c.
Akhirnya, banjir secara tiba-tiba
yang diakibatkan terisinya saluran air.
d.
Jadi, hujan besar dan peluapan
air sungai perlu kita waspadai setiap saat.
e.
Akhirnya, terjadilah bajir yang
tidak dapat diatasi dan dihindari di wilayah tersebut.
28.
Bacalah
kalimat debat di bawah ini dengan saksama!
ü Pemerintah
seharusnya tidak menutup mata pada fakta bahwa UN telah memakan banyak korban.
ü Banyak
sekali siswa jatuh bergelimpangan karena takut gagal dalam Ujian Nasional
Kalimat di atas menyalahi ketentuan
ciri ragam bahasa debat, yaitu…
a.
Kaidah bahasa yang digunakan dalam
paragraf tersebut tidak sesuai dengan kaidah bahasa baku, baik tata ejaan
maupun tata bahasa.
b. Ide
yang diungkapkan tidak sesuai dengan fakta dan tidak dapat diterima akal sehat.
c. Penggunaan
kata daerah dan kata yang memiliki makna yang tidak sebenarnya (denotatif).
d. Digunakannya
kata-kata daerah dan asing
e.
Penggunaan kalimat-kalimat yang Panjang.
Bacalah dan cermatilah teks debat berikut !
Mosi
Dibukanya sekolah tatap muka pada semester genap tahun
ajaran dan tahun akademik 2020/2021 di masa pandemi COVID-19.
Moderator
Pada
tanggal 20 November 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim
mengumumkan bahwa pemerintah sudah mencabut aturan larangan sekolah tatap muka
di masa pandemi COVID-19.
Berdasarkan
SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Semester Genap
Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021, Mendikbud menjelaskan bahwa
pemerintah akan mengizinkan sekolah tatap muka dan memberikan kewenangan
sepenuhnya kepada pemerintah daerah. Bagaimana menurut kalian? Apakah Indonesia
sudah siap membuka sekolah-sekolahnya dan menyelenggarakan sekolah tatap muka
lagi?
Tim
Pro
Kami
sangat setuju pemerintah membuka kembali sekolah-sekolah dan menyelenggarakan
sekolah tatap muka lagi karena Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kami nilai kurang
efisien dalam proses belajar mengajar.
Apalagi,
selama ini PJJ terbukti tidak dapat dilakukan di seluruh Indonesia. Masih
banyak guru dan pelajar di desa yang tidak dapat menyelenggarakan PJJ karena
kendala tidak memiliki peralatan yang memadai, seperti laptop atau smartphone.
Selain
itu, internet di daerah-daerah masih belum stabil sehingga membuat para siswa
di daerah semakin berpotensi mengalami ketertinggalan pendidikan.
Dampak-dampak
negatif yang dikemukakan oleh Kemendikbud juga sangat beralasan. Oleh karena
itu, kami mendukung dibukanya kembali sekolah-sekolah dan diadakannya kembali
pembelajaran tatap muka.
Tim
Kontra
Kami
menolak dibukanya kembali sekolah-sekolah dan diadakannya kembali pembelajaran
tatap muka. Dalam kondisi pandemi yang semakin memprihatinkan saat ini di
Indonesia, lebih baik rencana pemerintah ini ditunda dulu.
Kami
khawatir bila pemerintah masih bersikeras membuka sekolah dan mengadakan
pembelajaran tatap muka, akan ada banyak klaster baru COVID-19.
Memang
PJJ tidak dapat sepenuhnya dilaksanakan di seluruh Indonesia, tapi kami pikir,
kesehatan dan keselamatan masyarakat Indonesia jauh lebih penting dibandingkan
memaksakan diri untuk membuka kembali sekolah-sekolah. Apalagi, data
menunjukkan pada tanggal 8 Januari 2021, ada lonjakan kasus baru positif
COVID-19 sampai 10.617 kasus.
Tim
Netral
Sebagai
tim netral, kami bisa memahami masing-masing argumen dari tim pro dan tim
kontra. Kami setuju PJJ yang tidak dapat dilaksanakan di seluruh Indonesia
membuat banyak siswa di daerah yang mengalami ketertinggalan, tapi kami juga
setuju kalau dengan memaksakan dibukanya sekolah-sekolah pada masa pandemi yang
semakin mengkhawatirkan ini dapat menimbulkan banyaknya klaster baru di
sekolah-sekolah yang dipaksakan dibuka.
Sekalipun
demikian, mungkin kita dapat menekan penyebaran dan penambahan kasus baru
COVID-19 dengan mengetatkan protokol kesehatan di sekolah-sekolah yang akan
dibuka kembali, serta mengikuti peraturan pemerintah mengenai penyelenggaraan
pembelajaran tatap muka.
Adanya
kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak sekolah, pihak
rumah sakit, orang tua, dan masyarakat, tentu bisa membuat pelaksanaan
pembelajaran tatap muka ini berjalan optimal.
29. Berdasarkan teks debat di atas maka yang termasuk kalimat komplek adalah…
a.
Pada
tanggal 20 November 2020 Menteri Pendidikan mengumumkan bahwa pemerintah sudah
mencabut aturan larangan sekolah tatap muka di masa pendemi Covid 19.
b.
Kami
sangat setuju pemerintah membuka kembali sekolah-sekolah dan
menyelenggarakan sekolah tatap muka lagi karena Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
kami nilai kurang efisien dalam proses belajar mengajar.
c.
Berdasarkan SKB 4 Menteri tentang
Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun
Akademik 2020/2021, Mendikbud menjelaskan bahwa pemerintah akan mengizinkan
sekolah tatap muka
d.
Dampak-dampak
negative yang dikemukakan oleh Kemendikbud juga sangat beralasan
e.
Adanya
kerjasama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak sekolah, pihak
rumah sakit, orang tua, dan masyarakat.
30. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Saya
tidak setuju jika kosa kata bahasa asing yang masuk ke dalam penggunaan bahasa
Indonesia disebabkan karena ketidak berdayaan bahasa Indonesia dalam interaksi
antar bahasa. Kosa kata bahasa asing masuk ke dalam bahasa Indonesia hanya
digunakan sebagai persamaan kata yang bagi sebagian orang lebih mudah difahami.
Namun, pada intinya dalam bahasa Indonesia itu sendiri, telah ada kosa kata
yang berkaitan dengan kosa kata asing tersebut.
Kalimat
evaluasi yang tepat sesuai isi teks tersebut adalah…
a.
Dalam penggalan tersebut terdapat
kesalahan penulisan kata: bahasa Indonesia seharusnya Bahasa Indonesia; ketidak
berdayaan seharusnya ketidakberdayaan; antar bahasa seharusnya antarbahasa;
difahami seharusnya dipahami.
b. Dalam
penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: kosa kata seharusnya
kosakata; ketidak berdayaan seharusnya ketidakberdayaan; bahasa asing
seharusnya bahasa Asing; difahami seharusnya dipahami.
c. Dalam
penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: kosa kata seharusnya
kosakata; ketidak berdayaan seharusnya ke tidakberdayaan; antar bahasa
seharusnya antarbahasa; difahami seharusnya dipahami.
d. Dalam
penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: kosa kata seharusnya
kosakata; ketidak berdayaan seharusnya ketidakberdayaan; antar bahasa
seharusnya antarbahasa; difahami seharusnya dipahami.
e. Dalam
penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: kosa kata seharusnya
kosakata; ketidak berdayaan seharusnya tidak berdaya; antar bahasa seharusnya antarbahasa;
difahami seharusnya dipahami.
31. Salah satu ciri teks biografi
adalah...
a.
Memiliki
makna kata
b.
Berdasarkan
khayalan
c.
Memiliki
struktur yang terdiri atas orientasi,peristiwa atau masalah, serta reorientasi
d.
Berkaitan
antara satu dengan lainnya
e.
Menggunakan bahasa tidak baku
32. Bacalah
kutipan teks biografi berikut!
B. J. Habibie adalah salah satu
tokoh penutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia. Beliau
adalah presiden ketiga Republik Indonesia. Nama dan gelar lengkapnya Prof. Dr. Sc.
Mult. Bacharuddin Jussuf Habibie. Beliau dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi
Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan
bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo.
Habibie menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan
dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbardan Thareq Kemal.
Kutipan di atas termasuk struktur
teks biografi bagian...
a.
Reorientasi
d.
Koda
b.
Peristiwa
dan masalah e.
Reaksi
c.
Orientasi
33. Bacalah
kutipan teks biografi berikut!
Masa kecil Habibie dilalui bersama
saudari-saudarinya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas dan selalu
memegang prinsip yang diyakini telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak.
Habibie punya kegemaran menunggang kuda dan membaca, Ia dikenal sangat cerdas
sejak masih duduk di Sekolah Dasar.
Hal yang dapat diteladani dari
tokoh pada teks biografi tersebut adalah...
a. Masa kecil yang dilalui bersama
saudara-saudaranya
b.Sifat tegas dan selalu memegang prinsip
c. Punya kegemaran menunggang kuda
d.Cerdas sejak duduk di Sekolah Dasar
e. Sifat suka berhemat
Bacalah
teks biografi berikut untuk menjawab soal nomor 34,
35, dan 36 !
Di Indonesia, Habibie menjadi
Menteri Negara Ristek/ Kepala BPPT selama 20 tahun, Ketua Ikatann Cendekiawan
Muslim Indonesia (ICMI), memimpin perusahaan BUMN strategis, dipilih menjadi
wakil Presiden RI dan menjadi Presiden ke-3 setelah Soeharto dan mundur pada
tahun 1998. Pada masa jabatan Habibie, terjadi referendum di Timor-Timur,
sampai akhirnya Timor Timur memisahkan diri dari Indonesia. Dalam masa
jabatannya yang singkat, BJ Habibie telah meletakkan dasar bagi kehidupan
demokrasi dan persatuan wilayah di Indonesia dengan disahkannya undang-undang
tentang Otonomi Daerah dan undang-undang tentang Partai Politik, UU tentang
Pemilu dan UU tentang Susunan Kedudukan DPR/MPR.
34. Permasalahan yang dialami oleh
tokoh dalam teks biografi tersebut adalah...
a.
Menjadi
Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT
b.
Memimpin
perusahaan BUMN strategis
c.
Dipilih
menjadi Wakil Presiden RI
d.
Pada
masa jabatan Habibie, terjadi referendum di Timor Timur
e.
Meletakkan
dasar bagi kehidupan demokrasi dan persatuan wilayah di Indonesia
35. Kata kerja pasif yang terdapat pada
teks tersebut adalah…
a.
Menjadi d.
memisahkan
b.
Memimpin e.
meletakkan
c.
dipilih
36. Kutipan di atas termasuk struktur
teks biografi bagian...
a.
Reorientasi d.
reaksi
b.
Kejadian
penting e.
koda
c.
Orientasi
37. “Selain itu, Chairil Anwar juga menerjemahkan karya satra asing ke dalam
Bahasa Indonesia”. Unsur kebahasaan yang terkandung dari kata yang tercetak
miring pada kutipan teks biografi tersebut adalah...
a.
Kata
kerja d.
Kata kerja tindakan
b.
Kata
sifat e.
Kata keterangan
c.
Kata
benda
38. Cermatilah
teks biografi berikut untuk menjawab soal nomor 38 dan 39 !
(1)N. H. Dini lahir 29 februari
1936 di Semarang. (2)Berpendidikan SMA bagian sastra (1956), Kursus Pramugari
Darat GIA Jakarta (1956), dan kursus B-I Jurusan Sejarah (1957). (3)Tahun 1957-1960
bekerja di GIA Kemayoran Jakarta. (4)Setelah menikah,berturut-turut bermukim di
Jepang, Kemboja, Filipina, Prancis, Amerika, dan sejak 1980 menetap kembali di
Indonesia (Jakarta-Semarang).
(5)N. H. Dini mulai menulis tahun
1951, kemudian sajaknya dibacakan RRI dan dimuat di Majalah Budaya dan Gadjah
Mada, keduanya di Yogyakarta. (6)Tahun 1953, cerpennya dimuat di Majalah Kisah,
Mimbar Indonesia, dan Siasat. (7)Tahun-tahun selanjutnya, cerpennya pun dimuat
dalam berbagai media. (8)Tahun 1955, N. H. Dini memenangkan hadiah pertama
penulisan scenario sandiawara radio se-Jawa Tengah. (9)Tahun 1987 Dini
memenangkan hadiah pertama (untuk peserta Indonesia) lomba mengarang cerita
dalam bahasa Perancis yang diselenggarakan Le Monde dan Radio Franve Internasionale.
Unsur
kebahasaan yang terdapat pada teks biografi tersebut adalah...
a. Modalitas d.
Kata bilangan
b.Keterangan tempat dan waktu e. Kata perintah
c. Kata serapan
39. Konjungsi temporal yang terdapat
dalam penggalan biografi tersebut terdapat pada kalimat nomor…
a.
(1) d.
(7)
b.
(2) e.
(8)
c.
(5)
Cermatilah teks biografi berikut
untuk menjawab soal nomor 40,dan 41 !
Awalnya
keluarga Chairul Tanjung adalah keluarga yang berlebihan, ayahnya adalah
seorang wartawan di zaman Presiden Soekarno dan juga menerbitkan majalah lokal
yang upahnya lumayan. Namun, saat era Soeharto, surat kabar dari Ayah Chairul
Tanjung dicurigai sebagai antek orde lama dan akhirnya dipaksa untuk ditutup.
40. Pada penggalan teks di atas, yang
menjadi objeknya adalah…
a.
Presiden
Soekarno d.
Soeharto
b.
Chairul
Tanjung e.
Ayah
c.
Wartawan
41. Konjungsi yang tercetak miring pada
penggalan teks di atas menyatakan…
a.
Waktu d.
pengandaian
b.
Perumpamaan e.
pertentangan
c. Sebab-akibat
42. Bacalah
penggalan puisi berikut!
....
Besi
putih berjejer rapat di depanku
Bata
merah tersusun rapi mengangkasa
Menutup
indahnya kebebasan,
Indahnya
cinta,
Kini
tak lagi kurasakan
Hanya
kerinduan yang dapat kupendam
Cintaku
kini sudah lenyap
Bersama
para pendosa.
Suasana
yang terdapat dalam puisi tersebut adalah...
a. Gembira d. Tegang
b.
Duka e.
Sedih
c.
Senang
43. Bacalah
puisi berikut!
....
Aku lalai dipagi hari
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracun hati
Miskin ilmu miskin harta
Tema
pada puisi di atas adalah...
a. Kekesalan d.
penyesalan
b.Kekhawatiran e.
kesusahan
c. kelalaian
44. Perhatikan
kutipan puisi berikut!
...
Dari selubung biru kita beranjak
Pisah
Ketetapan hari tua rendah terpasar
Duka
Bergelinding alir puisi dan tanah air
Puisi kaca ini meletakkan tapal setia
Akhir …
Kutipan puisi tersebut bermakna...
a.
Kerinduan
terhadap tanah air
b.
Masa
lalu penulis yang suram
c.
Keinginan
untuk kembali ke rumah
d.
Perjalanan
menuju rumah
e.
Kemajuan
peradaban manusia
45. Bacalah puisi berikut!
Bersandar
pada tari warna pelangi
Kau
depanku bertudung sutra senja
Di
hitam matamu kembang mawar dan melati
Harum
rambutmu mengalun bergelut sendu
....
Diksi
yang ditimbulkan dari kata “warna pelangi” dalam puisi tersebut adalah...
a. Gambaran hati seorang pemuda yang
sedang senang
b.Pada sore hari
c. Bola matanya yang indah
d.Indahnya menjalani kehidupan
e. Suasana setelah hujan
46. Bacalah
puisi berikut!
Malam pekat
Bersembunyi di balik mimpi, raga
Pulas menanggung lelah
....
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi
tersebut adalah...
a. Kami datang tiba-tiba orang masih
tertidur
b. Gempa menggeliat, meliuk, robohkan
setiap yang tegak
c. Mereka tertidur dengan nyenyak
sekali
d. Musibah disinyalir bersumber dari gunung
berapi
e. Malapetaka menimpa desa terpencil
47. Bacalah
puisi berikut!
Betapa
dinginnya air sungai
Dinginnya!
Dinginnya!
Betapa
dinginnya daging duka
Yang
membaluti tulang-tulangku
....
Puisi
tersebut mengandung citraan...
a. Penglihatan d. pendengaran
b.
Penciuman e.
pencecapan
c.
Perabaan
48. Bacalah
puisi berikut!
Betapa
dinginnya air sungai
Dinginnya!
Dinginnya!
Betapa
dinginnya daging duka
Yang
membaluti tulang-tulangku
....
Kata
konkret yang terdapat dalam puisi tersebut adalah...
a.
Air
sungai d. Membaluti
b.
Dinginnya e.
Betapa
c.
Duka
49. Bacalah puisis berikut!
....
Ketika
hati dilanda kalut
Engkau
datang mengisi jiwa
Kau
hadir disaat duka
Menghibur
hati yang berliput kabut
....
Rima
yang terdapat dalam penggalan puisi tersebut bersajak...
a. ABAB d. AABB
b.
ABCD e.
AAAA
c.
ABBA
50. Bacalah kutipan puisi berikut
!
Habis
kikis
Segala
cintaku hilang terbang
Pulang kembali aku padaMU
...
Maksud baris puisi yang tercetak miring tersebut
adalah...
a.
Pulang ke rumah orang tua
b.
Setiap manusia kembali kepada penciptanya
c.
Kembali kepada kekasihnya yang dahulu
d.
Pulang dan akan kembali
e.
Pergi selama-lamanya
51. Cermatilah puisi berikut !
Anganku
Di kala perjalanan jauh
Sejenak aku terhenti
Banyak persimpangan di hadapanku
Entah arah mana yang harus kutempuh
Kutengok
sekelilinhku
Sepi
Hanya bulan
yang syahdu merayu
Kutertunduk
malu
Tak mampu menatap waktu
Makna lambang waktu
dalam puisi tersebut adalah…
a.
Masa depan d.
Pengalaman hidup
b.
Harapan yang
baik e.
Tujuan hidup
c.
Cita-cita
52. “Saya
akan bicara dengan manajer Anda”
Kalimat
tersebut merupakan.....dalam negosiasi
a. Permintaan d. Pemenuhan
b.Orientasi e. Pembelian
c. Persetujuan
53. Mungkin
sebagian orang berfikir bahwa debat merupakan kegiatan mematahkan pendapat
lawan. Sebenarnya debat adalah bagaimana cara kita membuat orang lain...
a.
Membela kita
b.
Memberikan yang terbaik
c.
Terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan
d.
Membuat audiens terpukau karena kita mampu menjatuhkan
lawan debat
e.
Membuat lawan debat mengamuk
54. Urutan
struktur teks biografi yang benar adalah...
a. Abstreksi,
orientasi, krisis, reaksi, koda
b. Abstraksi,
pembuka, isi, penutup
c. Orientasi,
krisis, reaksi, koda
d. Pembuka,
isi, penutup, koda
e. Orientasi,
peristiwa penting,
reorientasi
Bacalah puisi berikut!
Hari masih pagi
Semangat kita terlalu dini untuk mati
55. Amanat
yang tersirat dalam puisi tersebut adalah...
a.
Jangan mau meracun hati
b.
Jadilah orang lalai di saat pagi hari
c.
Janganlah lalai disaat pagi hari
d.
Giat dan berprestasilah selagi mudah
e.
Menyaksikan orang lain giat bekerja
Tidak ada komentar