LATIHAN TEKS HIKAYAT
LATIHAN BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : X / GANJIL
1.
Judul
yang sesuai untuk penggalan hikayat di atas adalah…
a.
Hikayat Gunung Indrakila
b.
Hikayat si Pendusta
c.
Hikayat Pelanduk Jenaka
d.
Hikayat Orang Dahulu Kala
e.
Hikayat
Seekor Binatang
2.
Penggalan
hikayat di atas menggunakan sudut pandang…
a.
Orang
pertama d.
Orang keempat
b.
Orang
Kedua e.
Orang pertama pelaku sampingan
c.
Orang
ketiga
3.
Latar hikayat dalam penggalan teks hikayat di atas adalah…
a.
Padang rumput d.
Kebun binatang
b.
Marga satwa e. Pantai
c.
Hutan rimba
4.
Amanat yang terdapat pada hikayat di
atas adalah…
a.
Basmilah jika melihat kejahatan
b.
Jangan menyombongkan diri
c.
Tunjukkanlah jika memiliki suatu kemampuan
d.
Hendaklah menolong orang yang dalam kesulitan
e.
Bersyukurlah jika mendapat pertolongan
5.
Bacalah penggalan hikayat berikut !
a.
Pemberani d. Baik
b.
Sombong e. Penyayang
c.
Jahat
6.
Nilai moral yang terdapat pada teks
hikayat di atas tampak pada perbuatan…
a.
Membantu orang yang
sedang bersedih
b.
Menolong orang yang
sedang menderita
c.
Mendahulukan
kepentingan umum
d.
Menghormati orang
lain
e.
Menegur orang
dengan Bahasa yang sopan
7.
Cermatilah teks berikut !
Tuan puteri memandang ke dayang
kipas itu. Kesepuluhnya menyembah, lalu mengundurkan diri mengisut ke belakang
perlahan-lahan. Bangkitlah Mak Inang, lalu duduk di tepi tilak tujuh bertindih,
lalu mengumpulkan bunga melur yang terselit-selit di suara tuan puteri itu.
Nilai yang terdapat dalam teks
hikayat tersebut adalah nilai…
a.
Sosial d. Budaya
b.
Religi e. Pendidikan
c.
Moral
8.
Bacalah teks hikayat berikut !
a.
Di pulau Singapura kucing dan tikus saling bermusuhan.
b.
Di pulau Singapura kucing selalu mengalahkan tikus.
c.
Kucing selalu dipermainkan tikus-tikus.
d.
Di pulau Singapura terdapat banyak tikus.
e.
Di mana pun tikus selalu memangsa kucing.
9.
Bacalah teks hikayat berikut !
Maka baginda pun bimbanglah, tida tahu siapa yang patut
dirayakan dalam negeri karena anaknya kedua orang itu sama-sama gagah. Jikalau
baginda pun mencari muslihat, iya menceritakan kepada kedua anaknya bahwa ia
bermimpi bertemu dengan seorang pemuda dan berkata kepadanya: barang siapa yang
dapat mencari buluh perindu yang dipegangnya, ialah yang patut menjadi raja di
dalam negeri.
Nilai yang terdapat dalam teks hikayat
di atas adalah…
a.
Nilai sosial d. Nilai pendidikan
b.
Nilai agama e. Nilai budaya
c.
Nilai moral
10. Bacalah
penggalan teks hikayat berikut !
a.
Diusir d. Diizinkan
b.
Diminta e. Diharapkan
c.
Diperintah
Cermatilah teks anekdot berikut dengan seksama !
Maka tiadalah terjawab oleh laki-laki itu. Maka disuruh oleh
Masyhudulhakk jauhkan laki-laki Bedawi itu. Setelah itu maka dipanggilnya pula
orang tua itu. Maka kata Masyhudulhakk, "Hai orang tua, sungguhlah perempuan
itu istrimu sebenar-benamya?"
11.
Konjungsi yang menyatakan urutan
waktu pada teks tersebut adalah…
a.
kemudian d. setelah itu
b.
lalu e. selanjutnya
c.
maka
12.
Bacalah penggalan teks hikayat
berikut dengan seksama !
a. Metafora d. Personifikasi
b. Metonimia e. Alegori
c. Simile
13.
Bacalah teks hikayat berikut dengan
cermat !
a.
Metafora d.
Simile
b.
Personifikasi e.
Metonimia
c.
Alegori
Cermatilah teks anekdot berikut !
Adapun Raja Kabir itu takluk kepada Buraksa dan akan
menyerahkan putrinya, Puteri Kemala Sari sebagai upeti. Kalau tiada demikian,
negeri itu akan dibinasakan oleh Buraksa. Ditambahkannya bahwa Raja Kabir sudah
mencanangkan bahwa barang siapa yang dapat membunuh Buraksa itu akan dinikahkan
dengan anak perempuannya yang terlalu elok parasnya itu. Hatta berapa lamanya
Puteri Kemala Sari pun sakit mata, terlalu sangat. Para ahli nujum mengatakan
hanya air susu harimau yang beranak mudalah yang dapat menyembuhkan penyakit
itu.
14.
Kata-kata arkais yang terdapat pada
teks hikayat di atas adalah…
a.
upeti, hatta d. elok, nujum
b.
raja, elok, nujum e. upeti, putri,
nujum
c.
upeti, hatta, nujum
15.
Perhatikan teks anekdot berikut !
Tuan puteri memandang ke dayang kipas itu. Kesepuluhnya
menyembah, lalu mengundurkan diri mengisut ke belakang perlahan-lahan.
Bangkitlah Mak Inang, lalu duduk di tepi tilak tujuh bertindih, lalu
mengumpulkan bunga melur yang terselit-selit di suara tuan puteri itu.
Nilai yang terdapat dalam penggalan
hikayat di atas adalah…
a.
religius d. pendidikan
b.
moral e. budaya
c.
social
16.
Bacalah teks berikut !
Bahasa
Indonesia sebenarnya mampu menjadi bahasa kedua ASEAN setelah bahasa Inggris.
Ada banyak negara ASEAN yang menggunakan bahasa Indonesia di negaranya. Sebut
saja Malaysia, Singapura, dan Brunei Darusalam yang sudah menjadikan bahasa
Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Selain itu di Vietnam, bahasa Indonesia
memiliki kedudukan yang sama dengan bahasa Inggris. Bahkan, di Australia,
bahasa Indonesia dijadikan sebagai mata pelajaran di sekolah-sekolah setingkat
SMP dan SMA. Jadi, sudah sewajarnya bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa
internasional di kawasan ASEAN.
Konjungsi
yang digunakan sebagai penanda penegasan ulang tesis dalam teks eksposisi di
atas adalah…
a. yang d.
dan
b. selain
itu e.
jadi
c. bahkan
Kalimat Utama : Merokok dapat Mengganggu Kesehatan
Kalimat Penjelas :
(1) Banyak
penyakit telah terbukti menjadi akibat buruk dan merokok, baik secara langsung
maupun tidak langsung.
(2)
Asap rokok dapat menjadi polutan
bagi manusia dan lingkungan sekitarnya.
(3)
Cukai terbesar untuk pendapatan
negara adalah dari produksi rokok.
(4)
Kebiasaan merokok bukan saja
merugikan perokok, melainkan juga bagi orang di sekitarnya.
(5)
Para pengusaha rokok terus bersaing
untuk dapat memproduksi rokok yang bebas dari polutan.
Kalimat penjelas yang tidak sesuai
dengan kalimat utama teks eksposisi adalah...
a.
1 dan 3 d. 3 dan 5
b.
2 dan 4 e. 4 dan 5
c.
3 dan 4
18. Cermatilah
paragraph berikut !
(1)Banyak alasan
orang tidak hobi atau tidak suka membaca. (2) Mereka
mengganggap kegiatan membaca itu merupakan kegiatan yang menyita waktu sehingga
membosankan. (3) Yang paling parah lagi, ada yang mengatakan membaca kurang
bermanfaat bagi dirinya. (4) Selain membaca, kegiatan menulis juga jarang
dilakukan oleh para pelajar. (5) Banyak juga yang berpendapat membaca juga
menimbulkan kejenuhan.
Kalimat
yang tidak mendukung ide pokok paragraf eksposisi di atas adalah…
a. Kalimat
ke-1 d.
kalimat ke-4
b. Kalimat
ke-2 e.
kalimat ke-5
c. Kalimat
ke-3
19. Cermatilah
kalimat-kalimat berikut !
(1) Dapat
pula dikemukakan bahwa dalam paragraf yang kohesif tidak terdapat kalimat yang
saling bertentangan.
(2) Kohesif
bermakna kepaduan.
(3) Paragraf
yang kohesif adalah paragraf yang hubungan antarkalimatnya padu atau berjalinan
erat.
(4) Kepaduan
itu ditandai dengan terciptanya saling mendukung antara kalimat yang satu
dengan kalimat yang lainnya.
(5) Lebih
jelas lagi dapat dikatakan bahwa paragaraf yang kohesif ditandai dengan tidak
terjadinya saling mengingkari antara kalimat satu dengan kalimat lainnya.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang padu
apabila disusun dengan urutan…
a. 1,
3, 5, 4, 2 d.
2, 4, 5, 3, 1
b. 5,
3, 2, 4, 1 e.
2, 3, 5, 4, 1
c. 2,
3, 4, 5, 1
20. Cermatilah
teks berikut !
Tenaga
kerja yang menjadi andalan pada masa pembangunan ini adalah tenaga kerja yang
memiliki profesionalisme, mandiri, dan kreatif. Namun, kenyataannya
perbandingan penawaran tenaga kerja lebih besar daripada lapangan kerja yang
tersedia. Seharusnya sejak pendidikan formal di SD, anak didik sudah diarahkan…
Kalimat
yang tepat untuk melanjutkan paragraf di atas adalah…
a.
Ke arah yang lebih baik lagi.
b. Untuk
menjadi manusia terampil, ahli di bidangnya, dan mampu menciptakan lapangan
kerja baru, sehingga mereka menjadi manusia mandiri.
c. Untuk
masuk ke sekolah yang jenjang pendidikannnya lebih terarah.
d. Untuk
menjadi calon tenaga kerja yang bersedia ditempatkan di dalam dan luar negeri.
e. Untuk
menjadi pekerja yang tidak materialistis.
Tidak ada komentar