Header Ads

ads header

Breaking News

Latihan soal bahasa indonesia

 

Latihan Soal Bahasa Indonesia

Nama :

Kelas/Program:


Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memblok jawaban yang menurut Anda benar! 

1.     Cermati kutipan teks berikut!

 

Setiap pagi alangkah baiknya kita sarapan agar memberikan energi lebih untuk berkegiatan. Salah satu menu sarapan yang mudah untuk dibuat adalah telur mata sapi. Kandungan gizi pada telur cukup untuk menunjang kita berkegiatan sampai siang hari. Untuk memasak telur mata sapi dengan benar, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

 

Paragraf di atas merupakan bagian teks prosedur yang disebut…

a.       Pembukaan

b.      Tahapan-tahapan

c.       Isi

d.      Pernyataan umum

e.       Kesimpulan

 

2.     Cermati isi teks prosedur berikut ini !

                                        Cara Pembuatan Rekening di Bank

(1). Rekening Bank merupakan sebuah akses penting seseorang untuk menabung di bank. Kini rekening pun sangat dibutuhkan oleh orang banyak. Berikut ini adalah cara membuka rekening di bank dengan mudah.(2). Pertama,siapkan KTP asli. KTP ini daerahnya harus sama dengan bank tempat membuka rekening. Jika tidak,biasanya bank akan meminta surat keterangan dari RT atau kepala desa untuk keterangan tinggal.(3). Kemudian siapkan uang pangkal (biaya awal) .setiap bank berbeda dalam menetapkan uang pangkal. Contoh, Bank A mensyaratkan uang pangkal Rp 500.000, sedangkan Bank B hanya mensyaratkan Rp.100.000(4). Lalu pergilah ke bank dan ambil nomor antrean. Jika tidak mengantre, maka Anda bisa langsung menuju teller, tidak usah mengambil nomor antrean. Nomor antrean untuk teller dan untuk membuka rekening berbeda,jika bingung, tanya saja kepada satpam.(5). Ikuti saja apa yang diinstruksikan petugasnya. Biasanya akan disuruh memilih jenis tabungan , pilih saja sesuai kebutuhan kita. (6). Terakhir,setelah rekening dibuat,tinggal tunggu ATM aktif sampai bisa digunakan untuk transaksi di ATM. Jika belum aktif,sampai batas waktu yang ditetapkan,kita dapat menghubungi pihak bank.

 

Kalimat yang termasuk dalam pernyataan umum adalah…

a. (5)

b. (4)

c.  (3)

d. (2)

e. (1)

3.     Cermati kutipan teks berikut!

 

Pertama, nyalakan api dengan ukuran yang sedang saja.
Kemudian letakkan wajan di atas kompor. Masukan mentega dan tunggu hingga meleleh Lalu, pecahkan 1 telur dan tuangkan isi telur ke dalam wajan,  Jangan lupa untuk menambah garam secukupnya. Agar telur dapat matang secara sempurna,. Anda bisa membalik telur dengan menggunakan spatula. Jika telur sudah matang, angkat lalu tiriskan sebentar agar nantinya minyak dapat hilang. Kemudian letakkan di atas piring, dan telur mata sapi pun sudah siap untuk disajikan.

 

Paragraf di atas merupakan bagian teks prosedur yang disebut…

 

a.       Pernyataan umum

b.      Isi

c.       Tahapan-tahapan

d.      Kesimpulan

e.       Pernyataan khusus

 4. Cermati kutipan teks berikut!

4.     Pisang goreng biasa dijadikan sebagai menu makanan sarapan dan disajikan bersama teh atau kopi hangat. Berikut teks prosedur kompleks membuat makanan pisang goreng dengan mudah.

Bahan : Buah pisang, Garam, Tepung, Gula pasir, Minyak goring, Air matang

 

Ditinjau dari strukturnya, kalimat di atas termasuk struktur teks prosedur bagian…

a.       Tujuan

b.      Isi

c.       Langkah-langkah

d.      Kesimpulan

e.       Penegasan ulang

 

5.     Cermati kutipan teks berikut!

Saat memasak nasi beras yang dicuci maksimal tiga kali. Hal ini dilakukan agar beras benar-benar bersih, dan kandungan seratnya yang menempel di bagian kulitnya tidak hilang. Perbandingan air dan beras harus benar-benar tepat. informasi terkait pencampuran air dan beras, Anda bisa menggunakan rasio perbandingan 1:2 untuk beras dan air. Untuk membuat nasi semakin pulen dan harum, Anda bisa menambahkan bumbu ekstra, seperti salam, sereh, atau irisan bawang. Agar nasi lebih empuk dan pulen, Anda pun bisa menambahkan 1 sdm minyak kelapa sebelum nasi ditakan

Kutipan teks di atas merupakan struktur teks prosedur…

a.       Pernyataan umum

b.      Langkah –langkah

c.       Sebab-akibat

d.      Identifikasi fenomena

e.       Penegasan ulang pendapat

 

6.     Perhatikan langkah-langkah kegiatan berikut !

Langkah pertamanya, masukkan garam, gula, tepung dan air secukupnya ke dalam satu wadah dan aduk sampai semuanya tercampur rata. Kemudian potong-potong pisang menjadi dua atau tiga bagian dan masukkan ke adonan yang sudah dibuat. …

Kebahasaan teks prosedur yang tercetak tebal pada langkah-langkah kegiatan di atas adalah…

a.       Kalimat imperatif

b.      Kalimat deklaratif

c.       Kalimat interogatif

d.      Kalimat persuasif

e.       Konjungsi penjumlahan

7. Cermati kutipan teks berikut!

7.     Saat mencuci beras maksimal tiga kali. Hal ini dilakukan agar beras benar-benar bersih, dan kandungan seratnya yang menempel di bagian kulitnya tidak hilang.. Perbandingan air dan beras harus benar-benar tepat. Beruntung, saat ini kebanyakan produk rice cooker sudah dilengkapi dengan cup ukuran beras dan air yang direkomendasikan. Jika tidak ada cup atau wadah rice cookernya tidak menampilkan informasi terkait pencampuran air dan beras, Anda bisa menggunakan rasio perbandingan 1:2 untuk beras dan air. Untuk membuat nasi semakin pulen dan harum,

Kalimat yang tercetak tebal pada kutipan kalimat di atas, termasuk kebahasaan…

a.       Kalimat imperatif

b.      Kalimat deklaratif

c.       Kalimat interogatif

d.      Kalimat persuasif

e.       Konjungsi penjumlahan

8. Cermati kutipan teks berikut! 

8.     Cara Memasak: Langkah pertamanya, masukkan garam, gula, tepung dan air secukupnya ke dalam satu wadah dan aduk sampai semuanya tercampur rata. Kemudian potong-potong pisang menjadi dua atau tiga bagian dan masukkan ke adonan yang sudah dibuat barusan. Lalu,tuangkan minyak goreng dalam penggorengan dan nyalakan kompor tunggu sampai minyaknya panas. Selanjutnya, masukkan pisang yang sudah dilapisi adonan tepung ke dalam penggorengan. Lalu, Bolak-balik pisang sesekali sampai matang secara merata. Jika warna pisang sudah berubah menjadi warna cokelat keemasan maka pisang goreng sudah matang. Terakhir, angkat pisang dan tiriskan. Pisang goreng hangat siap dihidangkan.

Yang termasuk kelompok kata  konjungsi penjumlahan adalah…

a.       Langkah pertama, kemudian, tunggu

b.      Lalu, kemudian, tunggu

c.       Selanjutnya, jika, terakhir

d.      Terakhir,lalu,pisang goring,

e.       Kemudian,lalu,selanjutnya

9.     Cermati kutipan teks berikut!

Kartu ATM adalah salah satu fasilitas penting bagi nasabah sebuah bank. Dengan kartu ATM, seorang nasabah bisa dengan mudah melakukan transaksi penting. Transaksi penting melalui ATM itu, antara lain, (1) Pentransferan uang antarbank, baik bank yang sama maupun yang berbeda, (2) Penarikan uang tunai, (3)  Pembayaran tagihan, misalnya listrik atau telepon.

Penggunaan kebahasaan Partisipan manusia pada kalimat di atas adalah…

a.       Kartu ATM

b.      Seorang nasabah

c.       Pentransferan uang

d.      Penarikan uang tunai

e.       Pembayaran tagihan

 

10.    Cermati kalimat-kalimat berikut ini !

(1).Pengalaman berkemah,khususnya ketika mendirikan tenda, terdapat prosedur-prosedur yang perlu dilakukan karena didalamnya terdapat langkah-langkah dan tujuan tertentu. (2).Teks ini dibuat sebagai panduan dalam mendirikan tenda. (3).Teks ini bertujuan untuk memberikan arahan  dan petunjuk bagi seseorang yang akan mendirikan tenda agar di dapatkan tenda sesuai dengan yang dinginkan. (4). Mendirikan tenda tidak hanya dengan prosedur langkahnya, tetapi juga diperlukan alat-alat tertentu. (5).Pertama, persiapkan kain khusus sebagai kain tenda. Kedua, siapkan delapan patok sebagai penegak berdirinya tenda.

 Penggunaan kebahasaan deskripsi alat  pada kalimat di atas ditandai dengan kata …

a.  Berkemah

b.Panduan

c.   Petunjuk

d.   Kain tenda

e.   Pengalaman

11.       Cermati kutipan teks berikut!

 Pemohon visa harus mencetak halaman konfirmasi DS-160 yang di dalamnya memuat beberapa informasi pribadi dan sebuah nomor konfirmasi barcode.  Pemohon visa hanya membawa halaman konfirmasi DS-160 yang di telah dicetak pada saat jadwal wawancara.

Penggunaan kebahasaan verba material pada kalimat di atas ditandai dengan kata…

a.       Pemohon

b.      Mencetak

c.       Beberapa

d.      Halaman

e.       Wawancara

12.     Cermati langkah-langkah membuat keripik goreng!

(1). Masukkan singkong yang sudah disisihkan tadi. Kemudian aduk rata. (2). Singkong diiris tipis-tipis. (3). Masukkan singkong hingga mengapung. Angkat dan tiriskan. Pastikan airnya telah mendidih  (4). Panaskan minyak goreng. Lalu gorenglah singkong sampai garing, kemudian sisihkan. (5). Lalu, didihkan 3 gelas air dengan garam. (6). Kemudian, Panaskan minyak goreng, tumis cabe, garam, gula dan air asam sambil diaduk-aduk (7). Angkat dan taruh di dalam wadah yang kedap udara. (8). Keripik balado siap dinikmati.

Langkah-langkah di atas belum disusun secara urut dan padu. Urutan kalimat yang sesuai agar menjadi paragraf yang utuh dan padu adalah…

a.       (1),(2),(3),(4),(5),(6),(7),(8)

b.      (2),(1),(3),(4),(6),(8),(7),(5)

c.       (2),(5),(3),(4),(6),(1),(7),(8)

d.      (8),(2),(3),(4),(5),(6),(7),(1)

e.       (1),(5),(3),(4),(6),(8),(7),(2)

13.  Cara Membuat Plastisin Berbahan Dasar Tepung Terigu

(1).Pertama, siapkan satu cangkir tepung terigu, satu cangkir air putih matang,satu sendok teh minyak goreng setengah cangkir garam, dan pewarna makanan secukupnya. (2). Kemudian,aduk tepung terigu dan garam hingga rata. (3) Tambahkan air dan minyak secara perlahan. (4). Aduk tepung terigu dan garam perlahan-lahan hingga tercampur rata. (5). Masak campuran adonan tepung di atas kompor dengan api sedang sambil terus diaduk. (6). ………………. (7). Tambahkan pewarna makanan secukupnya,lalu aduk rata. (8). Setelah hangat dan kalis,bentuklah bola-bola. (9). Adonan sudah siap digunakan untuk membuat kerajinan tangan.

Kalimat  yang tepat untuk melengkapi langkah rumpang tersebut adalah…

a.       Tutup adonan dan biarkan menggumpal

b.       Diamkan adonan agar menjadi bubur kental

c.        Angkat adonan jika sudah menjadi bubur kental

d.       Tiriskan adonan  di atas pinggan tahan panas

e.       Tambahkan air hingga adonan lembut seperti bubur 

14.     Perhatikan judul teks prosedur berikut!

              “Cara Memasak Rendang”

Kalimat pernyataan umum yang sesuai dengan judul teks prosedur di atas adalah…

a.        Rendang adalah salah satu masakan khas Indonesia yang terbuat dari daging dengan bumbu bahan dasar rempah-rempah. Selain terletak pada resep rendang, kelezatan masakan ini tentunya terletak pada cara pengolahan.

b.       Rendang buatan restoran padang punya warna hitam pekat dan berbumbu kental bak pasta. Rahasianya ternyata adalah penggunaan kelapa parut, lo. Jadi, restoran padang terbiasa menambahkan kelapa parut yang sudah disangrai sampai kecokelatan. Untuk 1 kilo daging rendang, biasa ditambahkan sekitar satu buah kelapa parut.

c.        Terbuat dari bahan dasar daging sapi, tentunya rendang menjadi salah satu masakan yang mudah basi apabila cara menyimpannya tidak dilakukan secara baik dan benar. Hal pertama yang membuat rendang lebih cepat basi, karena sering langsung disimpan ke dalam lemari pendingin atau kulkas, setelah selesai dimasak.

d.       Sebelum memasak rendang, terlebih dahulu siapkan bumbunya secara lengkap. Plihlah daging sapi  yang berkualitas atau daging tanpa tulang. Selama rendang sapi dimasak dalam bumbu, daging tidak perlu diaduk terus-menerus agar tidak hancur. Namun, rendang juga perlu diaduk sesekali agar tidak gosong.

e.        Pertama, didihkan air dan rebus daging merah selama lima menit dalam panci tertutup. Setelah itu, matikan kompor dan diamkan daging di dalam panci selama 30 menit. Terakhir, nyalakan kembali kompor dan rebus daging selama 7 menit.

15.  Cermati kutipan teks berikut!

Kemaceran lalu lintas menjadi permasalahan sehari-hari yang ditemukan di pasar, sekolah,terminal bus,lampu merah,dan persimpangan jalan raya maupun persimpangan rel kereta api. Kemacetan yang paling parah terjadi di kota-kota besar seperti di Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Makasar, Palembang, Denpasar, Jogjakarta, dan kota-kota besar lainnya yang ada di Indonesia.

Kalimat tersebut ditulis secara akurat. Kalimat di atas termasuk …

a.    Kalimat fakta

b.    Kalimat opini

c.     Kalimat berita

d.    Kalimat pernyataan

e.    Kalimat tanya

1

Tidak ada komentar