Sekolah :
MAN ALOR
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/semester : XII/Ganjil
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
KD : 3.2 Mengidentifikasi Informasi yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian
yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau
tulis.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti dan melaksanakan pembelajaran ini kalian
dapat:
1.
Mengidentifikasi informasi pada struktur teks
cerita sejarah;
2.
Mengidentifikasi informasi pada isi teks cerita
sejarah;
3.
Mengidentifikasi informasi pada nilai-nilai
cerita (novel) sejarah;
4.
Mengidentifikasi informasi pada kebahasaan teks
cerita sejarah.
Mengidentifikasi
Struktur Teks Cerita Sejarah
Struktur Teks Cerita
Sejarah
1.
Orientasi yaitu pengenalan situasi cerita:
proses dimana penulis mulai memperkenalkan latar belakang baik waktu, tempat,
dan lokasi dari suatu peristiwa
2.
Pengungkapan peristiwa: bagian ini mengungkapkan
kejadian atau peristiwa awal yang berpotensi menimbulkan berbagai masalah,
pertentangan, atau kesukaran yang menghadang tokoh, terutama tokoh utama
3.
Konflik: proses dimana terjadi peningkatan
masalah atau konflik
4.
Puncak konflik: bagian yang paling mendebarkan,
menghebohkan, dan memuncak dari masalah yang dihadapi tokohnya
5.
Resolusi : penyelesaian masalah. Pada bagaian
ini penulis akan menceritakan akhir atau penyelesaian dari konflik yang dialami oleh para tokohnya.
6. Koda : pesan moral tersurat yang dapat diambil dari cerita
Struktur Teks Sejarah
1.
Orientasi
2.
Kronologis / urutan peristiwa
3.
Reorientasi
Nilai-nilai dalam
teks cerita sejarah
1.
Niali moral
2.
Nilai social/kemasyarakatan
3.
Nilai reliji /keagamaan
4.
Nilai pendidikan /edukasi
5.
Nilai estetis /keindahan
6.
Nilai etika
7.
Nilai politis
8.
Nilai budaya
9.
Nilai kemanuasian
10.
Nilai psikologi
11.
Nilai filosofis
12.
Nilai Historis (sejarah)
13.
Nilai Hukum
14.
Nilai Ekonomi
15.
Nilai Perjuangan
Ciri kebahasaan cerita
sejarah:
Ø
Menggunakan banyak kalimat bermakna lampau,
misalnaya: ketika itu, pada saat itu, beberapa tahun lalu
Ø
Menggunakan kata yang menyatakan uruta
waktu, misalnya: sejak saat itu, setelah itu, mula-mula, kemudian
Ø
Menggunakan kata kerja material yang
menggambarkan suatu tindakan , misalnya: berjalan, berlari, melihat,
menulis,
Ø
Menggunakan konjungsi temporal (waktu),
misalnya: setelah, sesudah,
Ø
Menggunakan Kata kerja mental yaitu, sesuatu yang dipkirkan atau dirasakan oleh tokoh,
misalnya:memikirkan, membayangkan, bersaumsi
Ø
Menggunakan kata kerja yang menunjukakan
kalimat tidak langsung, misalnya: ibu berkata
bahwa Anita tidak boleh ke sana
Ø
Menggunakan banyak dialog yang menunjukkan
tuturan langsung yang ditandai dengan
tanda petik. contoh: “mana surat itu”?
Ø
Menggunakan kata sifat untuk menggambarkan
tokoh, tempat, atau suasana, misalnya: sangat cantik, baik, dan sebagainya
Ø Menggunakan makna kias, misalnya: ayah selalu membawa buah tangan setiap melakukan perjalanan dinas.
Setelah mempelajari materi diatas jawablah pertanyaan dibawah ini
1.
Apa yang kalian ketahui tentang gambar tersebut?
2.
Fakta sejarah seperti apa yang dapat ditemukan
berdasarkan gambar tersebut?
3.
Apakah gambar tersebut berkaitan dengan peristiwa
sejarah?
4.
Apakah gambar tersebut membentuk sebuah urutan
peristiwa dalam cerita sejarah?
Terima kasih
Tidak ada komentar